10 Tempat Wisata indonesia Mirip Luar Negeri, Keren Banget!!

Travel - Tempat wisata luar negeri memang sangat menggoda untuk dikunjungi. Namun, alangka baiknya jika kita memprioritaskan mengelilingi Indonesia terlebih dahulu. Apalagi banyak banget tempat wisata Indonesia yang tak kalah indah, bahkan hampir mirip dengan wisata luar negeri.

Tempat Wisata Mirip Luar Negeri di Indonesia

Kali ini, Travelku akan merangkum 10 tempat wisata Indonesia mirip luar negeri yang bisa kami kunjungi untuk liburan. Tak perlu ribet memikirkan paspor apalagi visa. Kami hanya perlu tiket pesawat dan hastrat berpetualang yang tinggi untuk menjelajahi berbagai destinasi Indonesia mirip luar negeri ini. Yuk, simak bersama!

1. Jembatan Akar, Sumatera Barat = Living Root Bridges, India

Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri

Belum sempat ke India untuk merasakan sensasi berjalan di atas jembatan yang terbuat dari akar? Jangan sedih! Di Sumatera Barat atau tepatnya di Desa Pulut-Pulut, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, ada Jembatan Akar yang fenomenal.

Jembatan berusia lebih dari 100 tahun ini terbuat dari akar dua pohon yang berbeda. Pohon beringin dan pohon asam kumbang. Meski terbuat dari akar, jembatan ini begitu kokoh dan menjadi salah satu tempat wisata Indonesia yang mirip luar negeri.

Kamu cukup membayar Rp15.000 per orang jika ingin menyeberangi jembatan yang menghubungkan Desa Pulut-Pulut dan Desa Lubuk Silau sepanjang 25 meter dan lebar 1 meter ini. Silakan deh foto-foto sepuasnya di destinasi hits ini. Selain itu, Sungai Bayang yang mengalir di bawah jembatan juga bisa jadi objek foto yang menarik.

2. Bukit Pelalangan, Madura = Antelope Canyon, Arizona

Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri

Jika Arizona memiliki bukit gersang eksotis dengan bebatuan alami, di Bangkalan Madura pun kamu bisa menemui pemandangan serupa. Namanya Bukit Pelalangan.

Terletak di Desa Bherballuk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, tempat wisata Indonesia rasa luar negeri ini sebenarnya adalah bekas tambang batu kapur. Sisa kegiatan penambangan batu ini meninggalkan relief yang cantik pada tebing. Destinasi wisata ini juga instagrammable sekali, lho!

3. Danau Kawah Kelimutu, Flores = Kawah Viti, Islandia

Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri

Mimpi jalan-jalan ke Eropa tapi budget belum mencukupi? Tenang, Indonesia juga punya destinasi yang mirip dengan wisata di Islandia, yaitu Danau Kawah Kelimutu di Pulau Flores.

Danau cantik ini persis sekali dengan Kawah Viti di Islandia. Kedua danau ini sama-sama memiliki air berwarna biru tua dan dikelilingi pegunungan. Keindahan alam Danau Kelimutu memang tidak boleh dilewatkan! Yuk ajak keluarga atau sahabat jalan-jalan di sini.

4. Patung Buddha Tidur, Mojokerto = Sleeping Buddha, Thailand

Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri

Dikenal sebagai Negeri Seribu Pagoda, Thailand memiliki banyak patung Buddha dan juga kuil. Salah satu yang populer adalah patung Buddha berlapis emas dalam posisi tidur yang dikenal dengan Sleeping Buddha di kawasan Hatyai, Thailand Selatan. Patung Buddha ini terdapat di kawasan wisata Wat Pho.

Tak perlu ke Thailand karena Indonesia juga punya patung serupa di Mahavihara Majapahit, Trowulan, Kota Mojokerto. Sebenarnya Indonesia memiliki 4 patung serupa yang tersebar di berbagai wilayah. Namun, yang di Mojokerto ini merupakan yang terbesar dengan panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. Enggak kalah keren kan wisata Indonesia ini?

5. Kawah Putih, Bandung = Danau Rotorua, Selandia Baru

Destinasi Dalam Negeri Rasa Luar Negeri

Selandia Baru punya Danau Rotorua, sebuah pemandian air panas vulkanik alami yang lokasinya tersembunyi di tengah hutan lebat. Indonesia juga punya destinasi wisata yang mirip, yaitu Kawah Putih di Bandung.

Terletak di kawasan pegunungan, Kawah Putih yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha memiliki air berwarna putih kehijauan akibat campuran belerang. Selain itu, tanahnya juga berwarna putih sehingga membuat pemandangan di Kawah Putih begitu syahdu. Kabut di kawah juga semakin menambah efek dramatis dalam foto. Cocok banget untuk weekend getaway bersama keluarga!

6. Kebun Raya Cibodas, Cianjur = Tokyo, Jepang

Destinasi Dalam Negeri Rasa Luar Negeri

Ingin melihat bunga sakura mekar, tapi tabungan masih belum cukup untuk liburan ke Jepang? Tak perlu sedih, liburan saja dulu ke Kebun Raya Cibodas Cianjur untuk melihat sakura.

Kebun raya ini memiliki ratusan pohon sakura berbagai jenis yang akan mekar sekitar bulan Januari—Maret. Jadi, kamu tak perlu jauh-jauh liburan ke Tokyo untuk menikmati tradisi hanami atau tradisi melihat bunga sakura mekar di Jepang.

7. Telaga Warna, Dieng = Danau Plitvice, Kroasia

Destinasi Dalam Negeri Rasa Luar Negeri

Danau Plitvice yang terletak di Kroasia merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Danau ini juga merupakan wisata andalan di Kroasia. Pemandangannya begitu indah karena ada 16 danau yang tampak menyatu. Air di dalam danau juga bisa berubah warna.

Kondisi ini tak jauh berbeda dengan Telaga Warna Dieng. Selain sama-sama terletak di tengah pegunungan, Telaga Warna Dieng juga bisa berubah warna karena kandungan sulfur di dalamnya. Mirip banget dengan wisata luar negeri, kan!

Telaga Warna merupakan telaga terluas di dataran tinggi Dieng di antara telaga-telaga lainnya, seperti Telaga Pengilon, Telaga Merdada, Telaga Cebong, Telaga Dringo, dan Telaga Menjer. Telaga ini dikelilingi perbukitan indah sehingga bisa dimanfaatkan untuk menikmati keindahan telaga dari ketinggian. Salah satu bukit yang populer adalah bukit ratapan angin.

8. Danau Kaolin, Belitung = Pamukkale, Turki

Destinasi Dalam Negeri Rasa Luar Negeri

Tak perlu ke Pamukkale, Turki untuk mewujudkan mimpi berendam di pemandian air panas alami bertingkat. Kunjungi saja Danau Kaolin Belitung. Kedua tempat ini memiliki pemandangan yang hampir mirip, yaitu tebing dan permukaan danau sama-sama warna putih dan airnya berwarna biru.

Jika di Turki tebing putih tersebut terbentuk dari endapan mineral kalsium karbonat yang mengendap, Danau Kaolin terbentuk dari bekas penambangan kaolin yang telah lama ditinggal. Bekas kerukan ini kemudian terisi air dan kombinasi dari kaolin yang merupakan mineral membuat airnya menjadi warna biru cantik. Danau Kaolin kini menjadi salah satu destinasi wisata instagrammable yang patut dikunjungi di Belitung.

9. Pantai Gigi Hiu, Lampung = Taman Nasional Zhangjiajie, China

Spot Destinasi Indonesia Mirip Luar Negeri

Pernah nonton film Avatar? Lokasi panet Pandora di film ini terinspirasi dari Taman Nasional Zhangjiajie yang ada di Provinsi Hunan, China. Pemandangan taman nasional ini begitu cantik, terdiri dari perbukitan batu pasir kuarsa yang menjulang tinggi. Taman nasional yang masuk dalam geopark UNESCO ini jadi salah satu tujuan wisata dunia yang populer. WINSAHABAT

Meski bukan hutan, Indonesia juga memiliki pantai dengan susunan batu karang yang ditumbuhi pepohonan di atasnya, yaitu Pantai Gigi Hiu. Masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan nama Pantai Pegadungan.

Pantai ini menawarkan panorama gugusan batu karang berbentuk lancip yang tertata alami di dekat bibir pantai. Di atas batu karang ada yang ditumbuhi pohon kecil. Meski tinggi batu karang di pantai ini tak setinggi bukit batu di Taman Nasional Zhangjiajie, namun pemandangan yang dimiliki pantai ini tak kalah cantiknya.

10. Pantai Pink, Lombok = Pink Sands Beach, Bahama

Tempat Wisata Mirip Luar Negeri di Indonesia

Di dunia ini terdapat tujuh pantai dengan pasir berwarna pink, salah satunya ada di Lombok. Pantai Pink atau yang juga dikenal dengan Pantai Tangsi merupakan tujuan wisata populer di Lombok. Main ke Taman Nasional Komodo atau trekking ke Pulau Padar belum lengkap jika tak mampir ke pantai cantik ini.

Pasir pantainya yang berwarna pink terlihat begitu indah dipadu dengan air laut jernih berwarna emerald. Jadi daripada liburan ke Pink Sands Beach di Harbour Island, mending ke Pulau Komodo saja. Ayo, kita nikmati keindahan wisata di negeri sendiri.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.