7 Tempat Wisata Alam yang Keren Habis Dehh

Travel - Berbagai keajaiban alam yang luar biasa ini seolah meyakinkan kita bahwa pada jaman dahulu kala para dewa-dewi benar-benar pernah singgah menjejakkan kakinya di Pulau Bali.
Menyingkirlah sejenak dari pusat kota Denpasar yang ramai atau area yang dipadati oleh resort-resort yang biasa dikunjungi kebanyakan wisatawan, dan Anda akan takjub melihat betapa indahnya alam Bali.
Beberapa di antara pesona alam ini bahkan nyaris jarang dikunjungi oleh wisatawan sama sekali. Agar dapat menikmati atraksi alam tak terjamah yang ada di Pulau Dewata ini dengan maksimal, kami sarankan agar Anda menggunakan pemandu lokal yang berpengalaman, atau mengatur perjalanan Anda sendiri.
Saatnya untuk beralih dari tempat liburan yang sudah penuh sesak oleh turis, dan menyibak rahasia alam paling indah yang bakal bikin Anda terpana!

1. Tempat sempurna untuk melepas penat: Air Terjun Kanto lampo

Everything You Need to Know About Kanto Lampo Waterfall in Bali

Jika Anda sedang mencari ketenangan dan ingin melepas penat, Air Terjun Kanto Lampo jadi destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Suasana yang tenang di tengah alam yang asri dan suara gemericik air benar-benar membuat tubuh dan pikiran relaks.

Berbeda dengan air terjun kebanyakan, Kanto Lampo memiliki karakteristik yang unik. Jika biasanya air terjun akan menghasilkan suara gemuruh saat menyatu dengan mata air di bawahnya, Kanto Lampo justru menyuguhkan aliran air yang tenang di tebing yang landai melewati batuan berundak.
Tempat ini juga cocok untuk Anda yang tidak ingin bersusah payah untuk sampai ke air terjun.

Everything You Need to Know About Kanto Lampo Waterfall in Bali

Karena dari pusat kota Gianyar jaraknya hanya 3Km, dan dari area parkir Anda hanya perlu berjalan kaki 150m saja. Tapi tetap harus waspada ya karena jalur menuju air terjunnya cukup licin, terutama saat musim hujan.

Untuk merasakan sensasi yang tak terlupakan, coba duduk di bebatuan yang ada di pinggiran tebing. Lalu rasakan air yang mengalir atau cipratan air mengenai tubuh Anda. Ingin yang lebih seru? Anda juga bisa bermain ayunan sambil menikmati pemandangan air terjun yang mengagumkan ini.

Selain pesona air terjun, masih di kawasan yang sama Anda juga bisa menemukan sebuah gua. Konon, gua sepanjang 3m ini dulu digunakan sebagai tempat berdiskusi oleh para penjajah.

Air Terjun Kanto Lampo

Tiket Masuk: Rp15.000 per orang
Lokasi: Beng, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80581. Koordinat di sini
Jam Operasional: 24 jam

2. Godong Ijo


Segarkan Pikiran dengan Hijaunya Alam di Godong Ijo Nursery

Sedangkan bagi kamu yang memilih arahkan setir ke Depok, cobalah kunjungi Godong Ijo. Tempat ini merupakan sebuah destinasi wisata edukasi dengan berbagai macam pembibitan tanaman hias di dalamnya.Tentu mengajak keluarga besar jadi pilihan yang tepat untuk ke sini. Karena selain menambah wawasan atau pengetahuan, pemandangan yang didapat cukup menenangkan.

Godong Ijo

Alamat: Jl. Raya Cinangka KM 10 No. 60, Bojongsari, Depok
Open Hour: Buka Senin – Jumat 9 AM – 5 PM, Sabtu & Minggu 9 AM – 7 PM

3. Rumah Pohon Bekasi


10 Gambar Wisata Rumah Pohon Jatiasih Bekasi Tutup? Harga Tiket ...

Bekasi punya wisata alam yang indah, lho. Bahkan, Bekasi punya rumah pohon yang sangat menarik untuk dikunjungi. Suasana di Rumah Pohon Bekasi begitu sejuk berkat keasrian pohon dan tanaman yang ada. Selain itu, ada pula beberapa rumah pohon yang bisa kamu jadikan spot berfoto ria. Nah setelah puas foto-foto, jangan lupa untuk berkegiatan seperti flying fox, wall climbing, paintball, dan kolam tangkap ikan. Penasaran?

Rumah Pohon Bekasi

Alamat: Jalan Raya Parpostel, Jatiasih, Bekasi

4. Bermain di lautan permadani jingga: Ladang Bunga Gemitir (Marigold) Desa Temukus

Bali Private Tour | Bali Private Driver | Bali Tour Package ...

Desa Temukus tidak didominasi warna hijau, tapi jingga. Ya, tempat ini terkenal karena keindahan bunga-bunga yang mekar dengan kelopak berwarna kuning-jingga.

Jika Anda perhatikan, ada satu bunga khusus yang digunakan dalam setiap ritual di Bali, yaitu bunga Marigold, atau warga lokal biasa menyebutnya ‘Gemitir’. Bayangkan betapa menyenangkannya bisa berada di tengah kebun bunga Marigold.

Take a drive between Kintamani and Bedugul and you can see vibrant ...

Desa Temukus adalah desa yang tenang di Bali Timur, berdekatan dengan pura paling suci (yang sayangnya juga paling komersil) di Bali. Banyak warga desa tersebut yang menanam bunga, jadi Anda bakal mudah menemukan kebun bunga di sini. Tapi jangan lupa meminta izin dari warga lokal sebelum masuk ke kebun mereka.

Dan tips penting buat Anda, akan lebih baik mengunjungi tempat ini sebelum musim panen, jadi Anda bisa melihat kebun yang penuh dengan hamparan bunga bermekaran (biasanya sebelum hari raya keagamaan, jadi Anda bisa mengecek dari teman Bali Anda mengenai tanggal yang pas berkunjung ke sana, mengingat Bali menggunakan kalender kabisat, sehingga ada perubahan tanggal perayaan di setiap tahunnya).

Oh ya, kalau berencana ke sini, jangan lupa untuk singgah juga ke Padang Kasna Temukus yang terletak di Dusun Junggul, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem. Berbeda dengan Kebun gemitir yang menyerupai lautan jingga, bunga-bunga Kasna ini berwarna putih, sehingga dijuluki Edelweiss-nya Bali. Latar belakang Gunung Agung membuat pemandangan tambah dramatis!
Desa Temukus

Padang Bunga Kasna: Edelweiss Garden in Bali
The Most Beautiful Edelweiss Flower Garden in Indonesia that You ...

Cara ke Sana: Kunjungi Pura Besakih terlebih dahulu, kemudian Anda bisa bertanya kepada warga lokal arah menuju Desa Temukus, yang lokasinya berjarak kurang lebih 2km. Jalannya tak begitu lebar, jadi akan lebih baik buat Anda ke sana dengan menggunakan sepeda motor atau mobil kecil.

5. Kolam alami tersembunyi di antara tebing: Angel’s Billabong

Berenang di infinity pool yang ada di resort atau beach club sudah biasa, kali ini cobalah sensasi berenang di Angel’s Billabong –infinity pool alami yang ada di Nusa Penida!

Visiting Angel's Billabong, Nusa Penida | Lady Pinem

Yang bikin ‘kolam’ ini tambah menarik adalah air sejernih kristal (Anda bahkan dapat melihat dasarnya!) yang memancarkan semburat warna kehijauan layaknya zamrud. Rupanya, warna tersebut berasal dari dasar ‘kolam’ di mana Anda bisa melangkah di atasnya tanpa khawatir akan terpeleset,  karena tidak licin dan begitu nyaman seolah sedang berjalan di hamparan permadani nan hijau.

Angel's Billabong Nusa Penida - onedaytripnusapenida.com

Bayangkan betapa nikmatnya kalau bisa berada di Angel’s Billabong saat ini juga.

Angel’s Billabong

Tiket Masuk: Rp5.000
Lokasi: Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Koordinat di sini
Cara ke Sana:  Untuk menuju Pulau Nusa Penida, Anda harus naik kapal dari Sanur. Lokasi Angel’s Billabong tidak terlalu jauh dari Pasih Uwug, sekitar setengah kilometer dari Manta Point ke karang di sekitarnya, lalu turuni salah satu dinding karang untuk menjumpai infinity pool yang super unik ini.

6. Spa alami di dinding tebing: Air Terjun Peguyangan, Nusa Penida

Berbeda dengan kebanyakan air terjun di Bali yang mencurahkan air dari ketinggian vertikal, Air Terjun Peguyangan merupakan  mata air yang mengalir menyusuri lereng bertingkat yang tidak terlalu tinggi sebelum akhirnya menuju ke laut.

Air Terjun Seganing Nusa Penida, Air Terjun Istimewa yang ...

Nah, di lereng bertingkat sebelum menuju laut tersebut Anda dapat menikmati ‘spa alami’, dan merasakan sensasi dipijat oleh air yang mengalir deras melalui celah-celah bebatuan dan birai yang dangkal.

Peguyangan Waterfall Nusa Penida - onedaytripnusapenida.com

Untuk mencapai mata air tersebut Anda harus menuruni tangga yang cukup curam di dinding tebing. Setelah sekitar 460 anak tangga, barulah Anda dapat melihat pemandangan aliran air bertingkat yang indah sekaligus menyegarkan tersebut.

Peguyangan Waterfall - Jona Bungalow

Air Terjun Peguyangan

Lokasi: Batukandik, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Koordinat di sini.
Catatan: Anda diwajibkan untuk mengenakan sarung saat memasuki kawasan air terjun. Jika tidak membawa sarung sendiri, Anda dapat menyewanya di lokasi dengan harga Rp10.000.


7. Menyaksikan semburan air yang  menjulang ke angkasa: Water Blow Nusa Dua

Pernahkah Anda melihat langsung semburan air laut yang spektakuler? Kunjungilah tebing karang tersembunyi di kawasan Nusa Dua ini untuk menyaksikan keajaiban alam ini dengan mata kepala Anda sendiri!

Five Foreigners Swept Off the Water Blow at Nusa Dua | Seminyak Times

Fenomena alam terbentuk dari gelombang ombak Samudera Hindia berkecepatan tinggi yang menghantam celah sempit di antara tebing karang, sehingga menghasilkan hempasan air yang luar biasa hingga tersembur tinggi ke atas!

nusa dua water blow

Dan ingat, agar Anda tidak ikut basah terkena cipratannya, jaga jarak ya saat melihatnya.

Catch the Waterblow at Nusa Dua — Bingin Beach

Water Blow Nusa Dua

Tiket Masuk: Rp15.000
Lokasi: Di belakang area Hotel Grand Hyatt, kawasan terpadu BTDC Nusa Dua. Di situ Anda akan menemukan gerbang bertuliskan Water Blow, dan tinggal ikuti saja jalan setapak yang ada.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.